soal pilihan ganda tentang marketing

1.       Mengenali basis untuk membuat segmentasi dan mengembangkan profil dari segmen yang dihasilkan merupakan kegiatan … dalam pemasaran terarah.
a.      Pemosisian
b.      Reposisi
c.       Pentargetan
d.      Segmentasi
e.      marketing mix
2.      Segmentasi geografik membagi pasar menjadi beberapa unit/kelompok sesuai dengan ….
a.      gambaran penduduknya
b.      gambaran wilayah / tempatnya
c.       gambaran sifat konsumen
d.      gambaran psikologis
e.      gambaran kebiasaan konsumen
3.      Yang termasuk faktor demografi adalah:
a.      Kepribadian
b.      Wilayah
c.       Sikap
d.      daerah pedesaan
e.      penghasilan
4.      Yang termasuk faktor psikografik adalah:
a.      Kepribadian
b.      Agama
c.       lokasi daerah
d.      jenis kelamin
e.      kesempatan
5.      Jika kita melakukan segmentasi tingkah laku konsumen menggunakan variabel status pengguna maka kegiatan pemasaran akan difokuskan kepada kelompok:
a.      bukan pengguna
b.      pengguna regular
c.       pengguna potensial
d.      mantan pengguna
e.      pengguna fanatik
6.      Membuat segmentasi kepada konsumen atau perusahaan lain yang membutuhkan barang untuk bahan baku maupun bahan tambahan produksi disebut dengan segmentasi pasar ….
a.      Primer
b.      Skunder
c.       Industry
d.      Konsumen
e.      Internasional
7.      Salah satu alasan dilakukannya segmentasi pasar karena pasar bersifat…
a.      Komplek
b.      Homogeny
c.       Membingungkan
d.      Dinamis
e.      statis
8.      Salah satu syarat segmentasi pasar adalah dapat dijangkau dan dilayani secara efektif atau …
a.      Measurability
b.      Accessibility
c.       Substantiality
d.      Feasibility
e.      capability
9.      Pada waktu melaksanakan tahap analisa untuk segmentasi pasar yang paling sering digunakan adalah analisis ….
a.      Factor
b.      Korelasi
c.       Regresi
d.      korelasi dan regresi
e.      chi square
10.   Suatu bidang / kuadran yang berisi titik-titik yang menghubungkan hubungan dalam variabel tingkat kecenderungan pembelian disebut dengan …
a.      produk space
b.      produk preferensi
c.       preferensi
d.      atribut produk
e.      targeting
11.    Jika ada pertanyaan dalam penentuan misi perusahaan  What is value to the customer?  Maka hal ini berhubungan dengan …
a.      jenis usaha
b.      konsumen
c.       pendapatn konsumen
d.      nilai yang dipakai konsumen
e.      konsumen dimasa mendatang
12.   Dalam penentuan misi perusahaan perlu diketahui :   Kualitas produk, Teknologi proses produksi, Kelompok konsumen yang dituju untuk produk tersebut, Kebutuhan pasar, dan Kombinasi semua komponen tersebut. Lima hal ini disebut …
a.      business domain
b.      business oriented
c.       market oriented
d.      market domain
e.      vision oriented
13.   Sebelum menetapkan pasar sasaran (target pasar) perusahaan perlu melakukan …
a.      survey pasar
b.      segmentasi pasar
c.       pemosisian pasar
d.      menetapkan business domain
e.      melakukan market oriented
14.   Kelompok konsumen yang mempunyai ciri-ciri/sifat yang hampir sama yang dipilih perusahaan dan akan dicapai dengan strategi marketing mix yang berbeda untuk produk yang dipasarkan disebut …

a.      market oriented

b.      segemnatasi pasar

c.       target pasar

d.      positioning pasar

e.      strategi pasar

15.   Untuk evaluasi target pasar diperlukan informasi dan analisis tentang … kecuali
a.      produk yang dipasarkan
b.      strategi marketing mix
c.       kepuasan konsumen
d.      laba perusahaan
e.      kepribadian pemilik perusahaan
16.   Meninjau pasar secara keseluruhan dan memusatkan perhatian pada kesamaan kebutuhan konsumen merupakan ciri dari strategi target pasar …
a.      market oriented
b.      undifferentiated marketing
c.       concentrated marketing
d.      differentiated marketing
e.      market tergetting
17.   Untuk produk yang homogen, maka strategi yang tepat untuk target pasarnya adalah …
a.      market oriented
b.      undifferentiated marketing
c.       concentrated marketing
d.      differentiated marketing
e.      market tergetting
18.   Bila sumber daya yang dimiliki sangat terbatas maka strategi target pasar yang tepat adalah …
a.      market oriented
b.      undifferentiated marketing
c.       concentrated marketing
d.      differentiated marketing
e.      market tergetting
19.   Kelompok produk yang berhubungan erat karena kelompok produk tersebut memiliki fungsi, pelanggan, dijual pada gerai dan memiliki kisaran harga yang sama disebut …
a.      siklus produk
b.      lini produk
c.       item produk
d.      jenis produk
e.      industri produk
20.  Tahap paling awal dalam proses pengambilan keputusan pembelian adalah …
a.      memutuskan membeli
b.      menetapkan tujuan
c.       menilai sumber
d.      analisis kebutuhan dan keinginan
e.      identifikasi alternatif pembelian



Komentar

Postingan populer dari blog ini

produk

Marketing Mix